Tata Cara Mandi Wajib yang Baik dan Benar

Tata Cara Mandi Wajib:
Bagi yang belum tau cara wudhu yang benar klik disini
1.Berniat,tidak perlu dilafazkan,contohnya:"bismillahi al-rahmani al-rahim:segaja ak mandi wajib(membersihkan hadas dan najis) karena allah Subhanahu wata' ala".
2.Membasuh seluruh anggota badan.Pada saat membasuh anggota badan,ada beberapa hal yang disunatkan:
  1. Pertama menuci tangan 3 kali..
  2. Lalu membasuh kemaluan.
  3. Kemudian berwudhu secara sempurna ,seperti wudhu untuk sholat dimulailah dari sebelah kanan.
  4. Lalu menuangkan air ke atas kepala sebanyak tiga kali sambil menyelang-nyelangi rambut agar air sampai ke urat-uratnya(ini khusus untuk kepala saja,atau beisa dibilang jika memakai shampo).
  5. Setelah itu mengalirkan air ke sebelah kanan badan,lalu baru sebelah kiri badan tanpa mengabaikan kedua ketiak,bagian dalam telinga,pusar,dan jari-jari kaki lalu menggosok anggota tubuh yang dapat digosok,mengalirkan air ya paling tidak tiga kali saja.
  6. Selesai.
Khususnya untuk perempuan yang berambut panjang tidak diwajibkan menguraikan rambutnya seperti laki-laki.Sabda Rasul Allâh SAW, “Bahwa seseorang perempuan bertanya kepada Rasul Allâh SAW: “Jalinan rambutku amat ketat, haruskah diuraikan jika hendak mandi janabah? ”Rasul AllâhSAW menjawab: “Cukuplah bila engkau menuangkan ke atasnya air tiga kali, kemudian engkau timbakan ke seluruh tubuhmu. Dengan demikian engkau telah suci.” (HR. Ahmad, Muslim, dan Tirmidziy).


Ketahuilah, pada hakekatnya maksud dari syari`at adalah mentaati Allâh secara mutlak, karena manusia hanya dapat mengkaji, memahami dan mengamalkannya berdasarkan kemampuan intelektual yang dianugerahkan-Nya.
Dalam berbagai literatur ditemukan banyak fatwa-fatwa ulama tentang perempuan, berkisar antara profesi dan status perempuan sebagai mitra laki-laki dalam urusan mu`amalah, namun dalam masalah ibadah, perempuan mendapat tempat tersendiri. Contoh, perempuan yang haid tidak diwajibkan melakukan shalat, sampai ia suci, dari haid atau bahkan dalam keadaan nifas juga termasuk dalam kategori ini. Contoh lain, seorang isteri yang ingin berpuasa sunat dalam keadaan yang sama ia harus menuhi hasrat seksual suaminya, pada saat itu, bagi sang isteri tidak ada pilihan lain, hanya memenuhi hasrat suaminya, dengan ikhlas, akan menjadi ibadah baginya, melebihi puasanya yang akan dilakukan.
Lelaki (suami) yang bertaqwa, tentulah tidak meminta istrinya membatalkan puasa, hanya karena ingin memenuhi hajat libidonya. Hamba yang mukmin dan muttaqin, tentulah mampu mengendalikan hasratnya.
Demikian Islam menghormati kaum laki-laki dan menghargai perempuan dengan pahala yang seharusnya berada dalam keinginan yang tidak terbayangkan. Dan banyak lagi peluang-peluang terhormat lainnya terkadang diabaikan atau bahkan meremehkannya. Nabi Muhammad SAW pernah mengisyaratkan, “kalaulah tidak dilarang makhluk menyembah makhluk, maka akan aku perintahkan isteri menyembah pada suaminya.”
Begitu berharganya penghormatan yang diberikan kepda sang suami. Konsekwensi dari penghormatan terhadap suami (lelaki) ini, maka seorang suami bertanggungjawab terhadap perlindungan dan kasih sayang tercurah dengan tulus kepada istrinya.
Di mata sang isteri hanya suaminya menjadi sanjungan, setelah kecintaan kepada Allâh dan Rasul.
Maklumilah, bahwa Allah pula yang mewasiatkan kepada setiap manusia agar menghormati dan berterima kasih kepada kedua orang tua (ayah dan bunda).
Di sini terletak pokok akhlak mulia itu.


Penjelasan diatas banyak dari Buya H. Masoed Abidin
Title: Tata Cara Mandi Wajib yang Baik dan Benar
Rating: 10 out of 10 based on 24 ratings. 5 user reviews.
Writed by Ridho

1 comments:

wah, sudah mulai kayaknya nih, hahahha