Manfaat Jaringan Komputer

7396194 7 global computer network in blue eps8 300x300 5 Manfaat jaringan komputer yang sangat membantu aktivitas         Ternyata kita bertemu lagi di informasi yang berjuul Manfaat Jaringan Komputer,apakah anda tahu manfaat jaringan komputer itu?manfaat jaringan komputer itu ada banyak sekali,info komputer yang tebaru,manfaat jaringan komputer begitu beragam dan memiliki banyak efek yang signifikan terhadap kehidupan Anda. Sebuah jaringan, secara teknis didefinisikan sebagai sekelompok komputer


yang dihubungkan dengan kabel. Namun, ketika kecanggihan teknologi mulai meningkat, jaringan yang jauh tidak hanya dihubungkan dengan kabel tetapi lebih kepada sinyal. Ada banyak manfaat jaringan komputer yang begitu menyatu dengan kehidupan kita, antara lain adalah sebagai berikut.baiklah kali ini saya akan menjelaskan yang saya tahu:

Apa saja Manfaatnya



Membantu meningkatkan konektivitas
Salah satu isu konektivitas terbesar adalah hubungan lewat email dan jejaring sosial. Dengan adanya LAN atau Local Area Network, maka Anda akan lebih mudah berkomunikasi dengan teman-teman Anda dalam sebuah lokasi. Juga, akan sangat memungkinkan untuk mendapatkan jaringan yang lebih luas seperti WAN atau Wide Area Network.

Lebih mudah dalam pembagian perangkat keras
Salah satu perangkat keras yang sering dibagi penggunaanya adalah printer. Dengan beberapa kabel yang membentuk LAN, maka printer tersebut dapat digunakan pada belasan bahkan puluhan komputer sekaligus. Ini adalah teknik yang dapat menghemat biaya karena Anda tidak perlu membeli banyak printer.

Akses informasi lebih cepat
Internet merupakan bagian yang berhubungan dengan jaringan. Tanpa jaringan, maka akses internet tidak akan bisa untuk dilakukan. Jadi, hal ini sangat diperlukan dalam rangka memberikan akses kepada Anda untuk mendapatkan informasi dan berhubungan dengan orang lain dalam jarak yang jauh. Semakin kuat suatu jaringan, maka koneksi internet Anda juga semakin cepat.

Bermain games
Biasanya, LAN begitu diandalkan dalam manfaat jaringan komputer yang satu ini. Rata-rata para gamer menyebut hal ini dengan “ngelan” sebuah istilah yang diucapkan ketika mereka ingin bertanding bersama-sama dengan melibatkan lebih dari dua bahkan sepuluh komputer dalam satu waktu.

Kemudahan Akses data
Jika Anda ingin mengakses data dari komputer lain, maka jaringan dengan metode LAN juga bisa digunakan. Cara ini memudahkan Anda untuk melakukan akses data dari komputer lain ke dalam komputer Anda. Akses yang dilakukan bisa beragam mula dari file music hingga film. Ini adalah manfaat jaringan komputer yang mulai jarang diterapkan karena banyaknya 
berbagai alat penyimpanan dan semakin berkembang saat ini.

Ada lagi nih beberapa manfaatnya:
  • Resource sharing , dapat menggunakan sumberdaya yang secara bersama-sama. Misalnya seorang pengguna yang berada di 100 Km jauhnya dari suatu data, tidak mendapatkan kesulitan dalam menggunakan data tersebut dan seolah olah data tersebut berada di dekatnya. Hal ini sering diartikan bahwa jaringan komputer mengatasi masalah jarak.
  • Reliabilitas tinggi, dengan jaringan komputer kita akan mendapatkan reliabilitas yang tinggi dengan memiliki sumber-sumber alternatif persediaan. Misalnya semua file dapat disimpan atau di copy ke dua, ketiga , atau lebih komputer yang terkoneksi ke jaringan. Sehingga bila satu mesin rusak maka salinan di mesin lain bisa digunakan.
  • Menghemat uang. Komputer berukuran kecil mempunyai rasio harga/ kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan komputer yang besar. Komputer besar seperti mainframe memiliki kecepatan kiro – kiro sepuluh kali lebih kecepatan komputer kecil/pribadi. Akan tetapi harga mainframe seribu kali lebih mahal dari komputer Pribadi. Ketidak seimbanggan rasio Harga/ Kinerja inilah membuat para perancang sistem untuk membangun sistem yang terdiri dari komputer – komputer Pribadi.

Baiklah terima kasih bagi yang melihat post saya ini,kalau bisa koment,dll.Mohon maaf jika ada kata yang kurang berkenan sampai jumpa di informasi selanjutnya
Title: Manfaat Jaringan Komputer
Rating: 10 out of 10 based on 24 ratings. 5 user reviews.
Writed by Ridho